21 Jenis Makanan untuk Kesehatan Kulit

Menjaga kulit tetap sehat bisa melalui berbagai cara, salah satunya adalah mengonsumsi bahan makanan yang menyehatkan kulit. Terdapat berbagai jenis makanan yang diketahui sangat baik pengaruhnya bagi kulit, termasuk kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran hijau.

Kacang-kacangan kaya akan vitamin A, Vitamin E dan asam lemak omega-3. Kacang-kacangan merupakan sumber yang kaya nutrisi penting untuk kulit anda karena bekerja melindungi kulit dengan membentuk membran kaya cairan pada kulit. Rutin mengonsumsi kacang-kacangan akan menjadikan kulit tetap lembab dan fleksibel sehingga datangnya keriput bisa diperlambat.

Buah-buahan adalah sumber alami yang kaya akan antioksidan, vitamin, serat, dan mineral untuk menjaga kulit anda tetap mulus. Sayuran berdaun hijau merupakan sumber yang baik bagi antioksidan, vitamin C, E, dan beta-karoten, yang mempunyai sifat meningkatkan kekebalan tubuh, selain juga melindungi terhadap penyakit kanker, radang sendi, dan jantung. Sayuran juga memainkan peran penting dalam pembaruan kulit dan penghapusan radikal bebas berbahaya.

Berikut adalah 21 jenis bahan pangan yang dapat menjaga kulit tetap sehat:

1. Ikan

Ikan merupakan sumber yang kaya minyak Omega-3, komponen yang memainkan peran sangat penting dalam meningkatkan elastisitas kulit dan dapat mengurangi keriput di wajah. Asam lemak Omega-3 tidak diproduksi oleh tubuh kita sehingga kita harus mengasupnya dari makanan. Beberapa jenis ikan yang baik buat kulit anda termasuk: salmon, ikan kembung, herring, sarden, dan makarel.

2. Serelia utuh

Serelia utuh tidak hanya mengandung antioksidan, tetapi juga memiliki sumber yang kaya vitamin, mineral, protein, dan serat. Serelia juga bertanggung jawab untuk menurunkan kolesterol darah dan membantu dalam mencegah penyakit jantung. Setelah Anda mendapatkan tubuh yang sehat, maka secara tidak langsung kulit yang sehat juga akan Anda peroleh. Sumber serelia utuh termasuk: gandum dan beras merah.

3. Minyak zaitun dan lemak sehat lainnya

Minyak zaitun adalah salah satu bahan makanan yang baik bukan hanya untuk kulit tapi juga untuk rambut, kuku, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Seperti alpukat, minyak zaitun kaya dengan lemak baik, vitamin A, dan vitamin E, untuk membuat kulit halus dan awet muda. Pilihlah jenis virgin olive oil yang belum diproses secara kimiawi.

Beralihlah mengonsumsi lemak sehat yang kaya antioksidan. Lemak ini bertindak sebagai pembawa lemak larut vitamin A, C, dan E yang sangat diperlukan untuk memperoleh kulit mulus. Sumber lemak sehat lainnya yaitu minyak safflower, dan minyak wijen.

4. Teh

Hindari semua minuman yang kaya akan kafein. Hal ini dikarenakan kafein memiliki kekuatan untuk menghancurkan vitamin dalam tubuh Anda. Sebaiknya minum teh hijau yang kaya akan kandungan EGCG-antioksidan super yang memiliki kemampuan untuk membalikkan oksidasi dan peradangan kulit yang muncul dalam bentuk keriput, kerusakan kulit, atau luka.

5. Air

Hampir 70 persen dari tubuh kita terdiri adalah air. Jika Anda sampai kekurangan cairan, maka kulit akan terasa seperti kering, bersisik, dan kurang gizi. Air dapat dengan mudah kita dapatkan, di samping juga mampu membuat suatu keajaiban bagi kulit Anda dan membuatnya bersinar. Minumlah air putih minimal delapan gelas per hari.

6. Melon

Buah ini meningkatkan antioksidan dalam tubuh sehingga akan meningkatkan kemampuan tubuh menyerap radikal bebas yang pada gilirannya dapat mengurangi masalah kulit sehingga anda memiliki kulit sehat.

7. Tomat

Ini adalah makanan yang kaya antioksidan dan memiliki kemampuan yang sama seperti melon dalam mempercantik kulit.

8. Buah beri

Stroberi, blueberry, blackberry dan semua jenis berry sangat kaya akan antioksidan. Makan berri secara langsung atau dicampur dengan makanan lain, dapat meningkatkan kesehatan kulit anda sepanjang hari. Buah jenis berry mengandung kolagen yang membuat kulit kenyal, halus, dan kencang.

9. Anggur

Buah jenis ini benar-benar kaya akan vitamin C, yang sangat bagus untuk mengurangi masalah penuaan dan pengeriputan kulit.

10. Jeruk

Sama seperti anggur, jeruk sangat bagus untuk kulit karena kaya akan kandungan vitamin C.

11. Semangka

Ini adalah salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kulit. Daging buahnya kaya akan vitamin A, B, dan C, sedangkan bijinya mengandung selenium, lemak baik, zinc, dan vitamin E. Semua hal ini ampuh memerangi kerusakan radikal dan penuaan dini.

12. Alpukat

Tak semua lemak buruk untuk tubuh. Lemak yang ada di alpukat justru adalah lemak yang membantu menetralisir lemak buruk. Alpukat adalah sumber vitamin E, yang berguna untuk menghambat penuaan dan membersihkan kulit dari segala noda seperti bekas jerawat, flek hitam, dan masalah lain. Makan alpukat secara teratur juga akan mencegah kulit menjadi kendur seiring bertambahnya usia.

13. Kenari

Kandungan lemak esensial dalam kenari sangat baik bagi perbaikan kulit anda.

14. Kacang hijau

Menyajikan semangkuk bubur kacang hijau yang kaya antioksidan membutuhkan persiapan yang tidak terlalu lama. Namun, Anda dapat menghasilkan banyak manfaat untuk kesehatan, khususnya kulit. Vitamin dalam kacang-kacangan akan memberi keajaiban untuk kulit Anda.

15. Brokoli

Brokoli sepertinya merupakan sayuran wajib untuk memelihara berbagai aspek kesehatan anda, begitu juga dengan kesehatan kulit. Salah satu alasannya adalah kandungan vitamin A, yang bagus untuk meningkatkan pergantian sel-sel di kulit. Ini berarti bahwa ketika anda makan brokoli, kulit anda akan diperbarui lebih cepat sehingga kulit menjadi lebih cepat terlihat segar.

16. Bayam

Sayuran ini  juga kaya akan kandungan vitamin A, sama dengan brokoli, sehingga baik untuk kulit anda.

17. Wortel

Jika anda ingin mendapatkan vitamin A tetapi anda tidak menyukai sayuran berdaun hijau, maka anda mungkin dapat beralih ke wortel untuk memperbaiki kulit anda.

18. Ubi jalar

Makanan ini merupakan alternatif selain melon dan tomat yang dapat anda coba untuk mengatasi radikal bebas dan melawan masalah kulit.

19. Susu rendah lemak

Produk susu adalah sumber yang benar-benar kaya vitamin A dan benar-benar baik untuk kulit. Namun, jika anda ingin menghindari lemak yang ada dalam susu, pastikan bahwa anda mencari produk susu yang mengandung rendah lemak yang kaya akan vitamin A.

20. Daging merah

Beberapa orang memiliki kulit yang nampak buruk karena tidak memiliki cukup zat besi dalam makanannya. Jika anda nampak terlalu pucat atau anda memiliki lingkaran hitam di bawah mata, maka anda mungkin perlu lebih banyak asupan zat besi. Daging merah adalah sumber yang sangat baik untuk zat besi, tapi pastikan bahwa anda tidak makan daging merah yang berlemak tinggi.

21. Telur dan yoghurt

Makanan ini kaya akan mineral, kalium, dan kalsium. Ini adalah cara pintas yang sangat baik untuk merawat dan meremajakan kulit. Kalium membantu dalam pertumbuhan sel kulit baru.

Zaitun Al-Amir (Extra Virgin Oil) 175 ml

Harga : Rp 40.000,-  Rp. 34.000,-

FORMAT PEMESANAN LEWAT SMS
Jenis Produk & Jumlahnya#Nama#Alamat (RT/RW, Kel/ Kec, Kodepos)#No. HP
KIRIM KE 0812. 10 1 10. 323

Baca lebih lanjut

Perihal lataghdhab
Toko Al-Khair Online - Mudah, Aman dan Amanah :: Segala Kebaikan Obat Ada di Thibbun Nabawi dan Herbal Alami :: FORMAT PEMESANAN LEWAT SMS Jenis Produk, Jumlah#Nama#Alamat (RT/RW, Kel/ Kec, Kodepos)#No. HP#Bank KIRIM KE 081210110323. Barokallahu fykum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: