Fibroadenoma yang perlu di waspadai

Harga : Rp 185.000,-  Rp 170.000,-

  FORMAT PEMESANAN LEWAT SMS
Jenis Produk  & Jumlahnya#Nama#Alamat (RT/RW, Kel/ Kec, Kodepos)#No. HP
KIRIM KE  0812 10 1 10 323

Baca detail produk ini lebih lanjut

Definisi

Fibroadenoma merupakan benjolan atau tumor non kanker yang sering terjadi pada wanita pada usia produktif (usia 20 sampai 30 tahun). Bentuknya berupa tonjolan atau gumpalan solid yang berada di bawah kulit payudara. Benjolan ini bisa bergerak dan berpindah tempat jika disentuh. Fibroadenoma umumnya tidak menimbulkan rasa sakit.

Ukuran diameternya pun beragam, mulai dari satu sentimeter hingga beberapa sentimeter. Ukurannya bisa bisa bertambah besar ketika masa kehamilan ataupun masa menyusui. Fibroadenoma yang berdiameter lebih dari lima sentimeter disebut dengan fibroadenoma raksasa.

 Gejala

Fibroadenoma bisa dirasakan menonjol seperti kelereng pada payudara. Jumlahnya pun bisa lebih dari satu benjolan. Jika benjolan tersebut bertambah besar bahkan melebihi lima sentimeter atau terasa sakit segera periksakan diri ke dokter.

Penyebab

Penyebab terjadinya fibroadenoma masih belum diketahui secara pasti. Para ahli medis berpendapat jika terbentuknya fibroadenoma ada hubungannya dengan hormon reproduksi. Sebabnya, fibroadenoma seringkali muncul pada usia produktif, masa kehamilan, terapi estrogen, dan cenderung menghilang pada saat menopause.

 

Komplikasi

Jenis tertentu dari fibroadenoma bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Meski demikian, kebanyakan kasus fibroadenoma tidak menyebabkan kanker payudara. Kalaupun ditemukan penderita kanker payudara yang memiliki fibroadenoma, biasanya ada komplikasi lainnya. Atau bisa jadi orang tersebut memiliki risiko kanker payudara yang tinggi baik dari keluarga ataupun lingkungannya.

Penanganan

Benjolan fibroadenoma bisa bertumbuh besar dan mengubah bentuk payudara. Benjolan tersebut bisa dihilangkan dengan jalan operasi jika pasien merasa tidak nyaman dengan bentuk payudaranya. Atau bisa juga dihilangkan jika dokter merasa benjolan tersebut akan menjadi bibit suatu masalah kesehatan.

Proses untuk menghilangkan fibroadenoma ini disebut dengan lumpektomi. Prosedur ini bisa menggunakan anastesi lokal atau umum. Kemudian ahli bedah akan membuat sayatan kecil di payudara untuk mengangkat benjolan fibroadenoma beserta jaringan payudara yang menempel pada benjolan.

Benjolan fibroadenoma bisa muncul berulang kali. Jadi, meski sudah menjalani pengangkatan, benjolan baru bisa muncul kembali. Benjolan baru ini bisa dihilangkan dengan jalan pembedahan, sama seperti benjolan lama. Tapi tidak menjamin jika benjolan tidak akan tumbuh kembali.

Walau demikian, tindakan bedah tidak selalu menjadi jalan keluar untuk mengatasi fibroadenoma. Terutama pada wanita yang masih tergolong usia muda (20 hingga 30 tahun). Alasannya, tindakan bedah bisa merusak bentuk payudara dan meninggalkan bekas sayatan. Bekas luka dan bentuk abnormal ini dikhawatirkan malah menjadi masalah di kemudian hari. Apalagi benjolan ini cenderung mengecil dan hilang ketika wanita menginjak usia diatas 30 tahun. Jika hendak membiarkan benjolan tersebut, sebaiknya terus dipantau perkembangannya. Jika benjolan bertambah besar dan mulai terasa nyeri, segera periksakan diri ke dokter.  #sehatnews

Perihal lataghdhab
Toko Al-Khair Online - Mudah, Aman dan Amanah :: Segala Kebaikan Obat Ada di Thibbun Nabawi dan Herbal Alami :: FORMAT PEMESANAN LEWAT SMS Jenis Produk, Jumlah#Nama#Alamat (RT/RW, Kel/ Kec, Kodepos)#No. HP#Bank KIRIM KE 081210110323. Barokallahu fykum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: