Hemangioma, apakah itu?

Harga :  Rp 210.000,-  Rp 200.000,-

FORMAT PEMESANAN LEWAT SMS
Jenis Produk & Jumlahnya#Nama#Alamat (RT/RW, Kel/ Kec,Kodepos)#No. HP
KIRIM KE 0812 10 1 10 323

Baca tulisan ini lebih lanjut

Definisi

Tanda lahir bisa muncul dalam berbagai bentuk dan ukuran. Hemangioma, yang dikenal juga dengan hemangioma stroberi, merupakan tanda lahir berupa bercak atau benjolan berwarna merah di kulit. Biasanya tumbuh di tahun pertama dan menyusut seiring waktu. Hemangioma biasanya berupa benjolan jinak yang tidak berkaitan dengan penyakit atau kondisi medis apapun.

Gejala

Hemangioma muncul ketika bayi lahir atau minggu awal setelah kelahiran berbentuk tanda merah yang bisa berada dimana saja di bagian tubuh. Terutama pada bagian muka dan leher.

Pada tahun pertama usia anak, hemangioma bisa tumbuh hingga memiliki diameter tujuh sentimeter. Setelah itu hemangioma berhenti tumbuh dan menghilang perlahan. Meski nantinya hemangioma sudah menghilang, bekas atau sisa warna dimana hemangioma berada masih ada.

Segera hubungi dokter jika hemangioma berdarah, bengkak, atau mengalami peradangan dan infeksi.

Penyebab

Sebab pasti hemangioma masih belum diketahui secara pasti. Namun demikian, para ahli berpendapat jika hemangioma ada kaitannya dengan protein yang diproduksi plasenta selama kehamilan.

Faktor risiko

Hemangioma lebih banyak ditemukan pada kaum wanita ketimbang kaum pria. Benjolan merah ini juga lebih sering ditemukan pada bayi prematur ketimbang bayi yang lahir pada waktunya. Bayi yang memiliki kulit putih juga lebih berisiko memiliki hemangioma dibanding bayi yang berkulit gelap atau berwarna.

Komplikasi

Hemangioma bisa menyebabkan peradangan pada kasus tertentu. Hal ini bisa menimbulkan rasa nyeri, pendarahan, ataupun infeksi di tempat hemangioma berada. Kondisi ini bisa mengganggu pandangan, pernafasan, pendengaran pada anak. Meski demikian, hal tersebut jarang terjadi.

Penanganan

Kebanyakan kasus hemangiona tidak memerlukan penanganan khusus. Meski demikian, masalah ini masih menjadi perdebatan antara orangtua dan dokter. Para orangtua berpendapat jika hemangioma perlu ditangani secara serius karena dapat menimbulkan masalah estetika dan psikologis pada anak. Sedangkan para dokter berpendapat jika hemangioma tidak perlu penanganan khusus karena akan menghilang sendiri seiring waktu. Tambah lagi, efek samping dari terapi untuk menghilangkan hemangioma bisa berakibat negatif pada anak. Lain halnya jika hemangioma sudah mengganggu hidup si anak, beberapa cara bisa ditempuh untuk mengatasi hemangioma, diantaranya :

–         Operasi dengan laser. Teknik ini bisa menghentikan pertumbuhan hemangioma ataupun menghilangkan gejala jika terjadi peradangan pada hemangioma.

–         Obat-obatan kortikosteroid. obat kortikostreoid ini bisa diberikan lewat oral, injeksi, ataoun dioleskan ke kulit. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakanlah ketika anak sedang dalam masa pertumbuhan. Terkadang pengobatan jangka panjang dibutuhkan. Hanya saja efek sampingnya bisa berupa terhambatnya pertumbuhan anak, naiknya kadar gula darah, hipertensi, dan katarak.

Perihal lataghdhab
Toko Al-Khair Online - Mudah, Aman dan Amanah :: Segala Kebaikan Obat Ada di Thibbun Nabawi dan Herbal Alami :: FORMAT PEMESANAN LEWAT SMS Jenis Produk, Jumlah#Nama#Alamat (RT/RW, Kel/ Kec, Kodepos)#No. HP#Bank KIRIM KE 081210110323. Barokallahu fykum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: